Tuesday, July 28, 2015

Asas Ketahanan Nasional

Asas adalah sesuatu yang mendasari, menjadi alas, menjadi tumpuan dan penyebab dalam suatu pemikiran atau pendapat. Asas ketahanan nasional Indonesia adalah tata laku yang didasari nilai-nilai yang tersusun berlandaskan pancasila, UUD 1945 dan wawasan nusantara. Ini merupakan kondisi sebagai prasyaratan utama bagi negara berkembang yang memfokuskan untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan mengembangkan kehidupan negaranya.
  • Asas kesejahteraan dan kemanan
Asas kesejahteraan dan keamanan adalah suatu asas yang tidak bisa dipisahkan karena keduanya saling mempengaruhi. Keamanan dan kesejahteraan harus saling berdampingan pada kondisi apapun. Kedua aspek ini merupakan tolak ukur dalam ketahanan nasional suatu negara.Kesejahteraan adalah suatu kondisi manusia yang berada pada keadaan makmur, sehat, damai dan kebutuhannya terpenuhi.  Sedangkan keamanan adalah keadaan manusia yang bebas dari bahayantuk mencapai keamanan dan kesejahteraan suatu negara harus memiliki lembaga keamanan dan  kesejahteraan.
  • Asas komperhensif integral
Asas komperhensif integral adalah bagaimana cara menyikapi dan meyelesaikan masalah yang timbul dalam suatu negara secra baik, berwawasan luas, menyeluruh dan terintegrasi serta saling bersatu. Hal ini berdasarkan kehidupan masyarakat merupakan suatu sistem yang berarti masyarakat merupakan suatu kedatuan yang saling berkaitan satu sama lain untuk mecapai subuah tujuan yang sama.
  • Asas mawas ke dalam dan mawas ke luar
Mawas kedalam memiliki arti menjaga diri dari internal negaranya. Sedangkan, mawas keluar mempunyai arti menjaga diri dari ancaman Negara lain. Maka dari itu, suatu Negara saling bekerja sama untuk menjaga dirinnya dari ancaman Negara lain.
  • Asas kekeluargaan
Dalam mencapai kesejahteraan Negara maka Negara tersebut harus adanya kerjasama dari seluruh pihak dalam Negara tersebut. Maka dari itu adanya asas kekeluargaan, asas tersebut mengandung nilai kebersamaan, gotong royong, dan keadilan social.


No comments:

Post a Comment