Wednesday, April 29, 2015

Pengertian, Latar Belakang, Implementasi Wawasan Nasional



Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Latar belakang Wawasan Nusantara
1.       Falsafah Pancasila. Nilai-nilai Pancasila mendasari pengembangan wawasan nusantara, diantaranya HAM, kepentingan masyarakat, dan musyawarah.
2.       Aspek kewilayahan nusantara. Pengaruh geografi menentukan keberagaman yang ada di Indonesia.
3.       Aspek social budaya. Keberagaman adat istiadata, agama, etnisyang berbeda-beda mengakibatkan adanya potensi konflik yang besar saat terjadinya interaksi.
4.       Aspek sejarah. Kemerdekaan bangsa Indonesia harus tetap dipertahankan untuk persatuan bangsa dan menjaga wilayah kesatuan Indonesia.

Implementasi Wawasan Nusantara
Kehidupan Politik
                Pelakasanaan kehidupan politik sudah diatur dalam dalam undang-undang. Pelaksanaan tersebut harus sesuai hukum dan mementingkan persatuan bangsa, sehingga tidak menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa. Pelaksanaan kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Indonesia harus sesuai denngan hukum yang berlaku.
Kehidupan Ekonomi
                Wilayah Indonesia mempunyai potensi ekonomi yang tinggi, dengan perbedaan wilayah di banyak tempat di Indonesia, membuat Indonesia kaya akan Sumber Daya Alamnya. Pembangunan ekonomi harus memperhatikan keadilan dan keeseimbangan antar daerah, serta melibatkan partisipasi rakyat.
Kehidupan Sosial
                Mengembangkan kehidupan bangsa yang serasi antara masyarakat yang berbeda, dari segi budaya, status social, maupun daerah. Serta, pengembangan budaya Indonesia, untuk melestarikan kekayaan Indonesia.
Kehidupan Pertahanan dan Keamanan
                Membangun rasa persatuan, sehingga ancaman suatu daerah atau pulau juga menjadi ancaman bagi daerah lain. Rasa persatuan ini dapat diciptakan dengan membangun solidaritas dan hubungan erat antara warga negara yang berbeda daerah dengan kekuatan keamanan.

No comments:

Post a Comment