Sunday, January 18, 2015

Credit Union

Credit Union atau koperasi kredit merupakan pengelolaan usaha dalam bidang simpan pinjam yang dimiliki oleh anggotanya.  Seperti pada koperasi pada umumnya tujuanya untuk mensejahterakan anggotanya. Sejarah awal adanya Credit Union dari Negara Jerman oleh Raiffesen. Namun, sekarang Credit Union sudah menyebar ke seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, ada beberapa Credit Union, salah satunya yaitu Credit Union Pancur Kasih yang berada di Pontianak Utara. Credit Union Pancur Kasih
Credit Union tidak hanya sebatas pengelolaan usaha, namun credit union juga memberikan panduan untuk pemberdayaan anggotanya. Tidak hanya sekedar memberikan pendidikan atau pelatihan biasa untuk anggotanya, credit union pun memberikan pendidikan-pendikan lain yang memberikan dampak positif bagi anggotanya yaitu seperti pelatihan mengenai wirausaha.  Pemberdayaan ini guna memberikan pengetahuan kepada anggota dan mensejahterakan anggotanya.
Credit Union bersifat demokratis, jadi semua anggotanya mempunyai kedudukan  yang sama, mempunyai hak memilih dan dipilih sebagai pengurus credit union. Credit union hadir untuk melayani  anggotanya yang sebagian besar pelaku usaha kecil menengah.

No comments:

Post a Comment