Monday, January 26, 2015

Koperasi Guru dan Koperasi Siswa SMAN 35 Jakarta




SMA Negeri 35 Jakarta yang berada di Jalan Mutiara, Jakarta Pusat, dimana disana terdapat dua Koperasi yaitu Koperasi Guru dan Koperasi Siswa. Koperasi Guru atau yang biasa disebut Kopgur dan Koperasi Siswa atau biasa disebut Kopsis.

Koperasi Guru yang berada di SMA Negeri 35 Jakarta adalah sebuah koperasi simpan pinjam dan koperasi penjualan barang dan jasa. Anggotanya adalah guru-guru di SMAN 35 Jakarta. Pengurusnya pun juga guru-guru SMAN 35 Jakarta. Ketua Koperasi Guru SMAN 35 ini adalah Bu Linda Yulianti. Simpanan pokok di koperasi tersebut sebesar Rp10.000, simpanan wajib Rp40.000 dan simpanan sukarela tergantung pada anggotanya. Untuk anggota yang meminjam diberikan bunga 2% menurun setiap bulannya. Sedangkan penjualan barang dan jasa, kiperasi ini menjual perlengkapan sekolah seperti topi dan dasi, alat tulis, makanan dan minuman, dan jasa fotokopi. Selain itu, dikoperasi ini dapat menintip barang jualan, misalnya seseorang menjual makanan (gorengan), koperasi mengambil untung beberapa persennya. Laba dari penjualan ini akan dibagikan pada akhir tahun. Koperasi ini mempunya dua karyawan yaitu Bu Tini dan Bu Yani. Pelaporan Keuangan pada koperasi ini diurus oleh pengurus koperasi.


ini saya bersama dengan ketua pengurus koperasi guru SMA Negeri 35 Jakarta
















Koperasi Siswa yang berada di SMA Negeri 35 Jakarta merupakan koperasi yang brorientasi pada penjualan barang. Koperasi ini memiliki satu karyawan yaitu Bu Ida. Ketua Koperasi Siswa ini Bu Rosmala yang juga merupakan Guru dari SMAN 35 Jakarta. Barang-barang yang dijual dikoperasi ini lebih kepada makanan dan minuman untuk jajanan para siswa dan siswi. Hasil penjualan setiap harinya disetor kepada pengurus koperasi siswa ini. Laba pada Koperasi ini nantinya akan dialokasikan untuk siswa misalnya beasiswa untuk sawa/siswi, acara-acara yang diadakan oleh siswa misalnya acara Bulan Bahasa dan Pentas Seni Sekolah, ataupun acara sekolah misalnya Isra Mi’raj dan acara Natal. Koperasi ini didirikan pada tahun 1987.
 


 ini saya bersama dengan Bu Ida karyawan dari Koperasi Siswa di SMAN 35 Jakarta.




1 comment: